Tes Hari Pertama Molor 5 Jam **Seleksi CPNS Beberapa Daerah Alami Pengunduran Jadwal

TASIK – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk pengisian formasi Kota Tasikmalaya yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya, Jumat (26/10) mengalami keterlambatan.

Sesi pertama yang diikuti 360 peserta seharusnya dimulai pada 09.30 diundur menjadi pukul 13.30. Bahkan, hingga pukul 15.00 para peserta yang sudah memasuki ruangan tes masih harus menunggu hingga beberapa menit.

Koordinator Pelaksana Badan Kepegawaian Negara (BKN) Herman menjelaskan pengunduran jadwal tersebut karena beberapa kendala. Yang pertama lantaran khawatir mengganggu waktu ibadah Salat Jumat, kemudian infrastruktur tes seperti perangkat komputer belum lengkap, ketiga konektivitas jaringan belum seluruhnya terhubung.

“Keterlambatan lantaran dari pihak vendor BKN yakni Sukopindo, selaku penyedia jasa pengadaan peralatan seleksi kompetensi dasar (SKD) telat mengirimkan peralatan,” ujarnya kepada Radar, Jumat (26/10).

“Sebetulnya kami sudah semalaman di sini mengerjakan persiapan, tetapi masih ada kendala teknis. 100 unit komputer (laptop) belum sampai masih diperjalanan,” tambahnya.

Maka dari itu, kata Herman, panitia memutuskan pengunduran waktu sesi pertama pasca salat Jumat, dan sesi terakhir diprediksi berakhir di waktu Magrib.

Di sisi lain, keterlambatan tidak hanya pelaksanaan di Kota Tasikmalaya. Beberapa lokasi lain yang menjadi tempat berlangsungnya tes tersebut pun mengalami hal sama. “Informasi bukan di kita saja diundur, Bogor juga setelah salat Jumat. Bahkan di Cirebon itu mulainya jadi tanggal 29 Oktober,” terangnya.

Selaku tuan rumah, Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman memohon maaf atas adanya kendala teknis sehingga jadwal seleksi mengalami pergeseran. Di sisi lain, Pemkot selaku panitia seleksi daerah (panselda) hanya berkewenangan menyediakan sarana-prasarana serta hal teknis yang bersifat fasilitas, tidak termasuk sistem atau perangkat tes. “Kita hanya supporting, kaitan adanya pergeseran pelaksanaan kami memohon maaf. Karena, semua berbasis sistem online dan itu bukan domain kami,” terangnya.

Dia mengakui keterlambatan bukan hanya terjadi di Kota Tasikmalaya. Daerah lain yang menjadi titik penyelenggaraan CPNS mengalami hal serupa, lantaran semua berbasis perangkat dan jaringan komputer. “Kasihan juga yang sudah datang sejak pagi, yang terpenting hari ini tetap 3 sesi berjalan meski mungkin sampai sore atau petang,” papar Budi.

Kepala BKPPD Kota Tasikmalaya Gungun Pahlagunara menuturkan hal serupa. Perangkat tes sepenuhnya kewenangan BKN yang bekerjasama dengan vendor pengadaan peralatan tes. Namun, dia memastikan keterlambatan hanya di hari pertama saja. “Setelah semua terkoneksi dengan baik tentu di hari kedua tinggal berjalan. Informasi di Bandung juga sama, mengalami kendala teknis seperti ini,” pungkasnya.(igi)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com