Sambil Bakar Jagung, Mufti Serap Aspirasi dengan Ronda

METRO – Tingginya angka kriminalitas di Kota Metro, membuat bakal calon Walikota Metro Ahmad Mufti Salim tergerak. Salah satunya adalah dengan membangkitkan ronda sebagai bagian membangun keamanan di lingkungan terkecil RT/RW. Tercatat sepekan terakhir ini ada 12 kasus curanmor yang masuk ke kepolisian. Belum lagi maraknya begal dan jambret yang beredar di media sosial. Mufti memustuskan melakukan ronda setelah mendengar keluhan warga terkait tingginya angka kriminalitas yang disampaikan di Rumah Aspirasi. Mufti langsung membentuk tim dan meminta untuk segera turun ke bawah, dan akan menghidupkan ronda di Metro. Respons cepat ini merupakan salah satu keunggulan Mufti Salim. Menurutnya, dengan ronda banyak manfaat yang bisa diambil.

“Tidak hanya keamanan saja yang bisa kita jaga. Tapi juga kita bisa menyerap aspirasi warga. Melihat kejadian sesungguhnya di malam hari, apa yang harus dilakukan seorang pemimpin melihat kondisi kecamatan dan kelurahan di malam hari. Dan terbukti, ternyata masih banyak masalah di bawah yang menurut saya sangat mendasar, dan bisa dieksekusi oleh eksekutif dengan cepat,” ujar Mufti saat ditemui di sela-sela ronda sambil bakar jagung, Minggu (9/8/2020) dinihari.

Malam itu, Mufti ronda di Metro Barat. Berdasarkan hasil ronda, selain masalah keamanan, ada masalah lain seperti lampu penerangan jalan banyak yang mati, jalan banyak yang rusak, sampai keluhan kesejahteraan karena mata pencaharian terganggu. Seperti yang dikeluhkan warga RT/RW 05/02, terkait jalan yang rusak. Padahal akses itu merupakan jalan untuk mengangkut hasil pertanian. Sudah diusulkan di setiap musrenbang tapi tidak pernah ada realisasi.

“Inilah salah satu manfaat ronda yang akan kita gulirkan, yakni untuk menyerap aspirasi tanpa melalui birokrasi,” jelasnya.

Dalam ronda kali ini, Mufti Salim tidak tangan kosong. Ia datang sambil membagi-bagikan Kopi KR dan sembako. Warga menyambut positip dan berharap ronda ini bisa terus dilakukan terus menerus saat nanti Mufti sudah jadi Walikota Metro. (Imam Losh)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com