Radar Metro Grup ‘Masuk’ Lapas

METRO – Publikasi informasi menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan lagi. Saat ini, bukti dokumentasi dan pemberitaan menjadi menu wajib baik bagi institusi pemerintahan maupun swasta. Selain untuk memberitakan, media juga berperan membentuk opini dan mencerdaskan pembacanya.

Mengingat pentingnya media informasi, Lapas Kelas II Kota Metro menjalin kerjasama dengan Radar Metro Grup untuk menginformasikan segala kegiatan dan program yang dimiliki. Hal itu diwujudkan dengan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) di antara keduanya.

Penandatanganan MoU itu dilakukan langsung oleh Kepala Lapas Kelas II Kota Metro Ismono dengan General Manager Radar Metro Hermansyah Albantani, Senin (31/12/2018).

Kalapas Ismono mengatakan, di era informasi saat ini, jejak digital sangat penting. Selain itu, pentingnya bekerjasama dengan media khususnya Radar Metro Grup adalah untuk memberikan edukasi dan informasi kepada pembaca tentang kegiatan yang diadakan lapas.

“Sebenarnya kita punya website, tapi jika hanya disuarakan dari internal saya rasa kurang efektif. Kalau di media massa apalagi sekelas Radar Metro saya kira akan lebih baik. Akan dibaca lebih banyak orang dan informasi tersampaikan dengan baik. Selain itu, ini juga sebagai bentuk silaturahmi yang baik,” ucap Kalapas Ismono, kemarin.

Ia juga berharap jalinan kerjasama yang resmi akan berjalan per 1 Januari 2019 itu, bisa terus berlanjut siapa pun nanti kalapasnya. “Ini sejarah yang baik dan kita harapkan hubungan lapas dengan media massa lebih intens siapa pun nanti kalapasnya,” harapnya.

Sementara itu, General Manager Radar Metro Hermansyah Albantani mengucapkan terimakasih telah diberikan kesempatan dan terpilih menjadi media massa rujukan terkait pemberitaan lapas. Menurutnya, ini awal yang baik karena selama ini image lapas yang menyeramkan bisa berangsur angsur hilang.

“Selama ini saya sendiri tidak tahu apa sih di dalam lapas ini? Bagaimana kondisi tahanan? Apakah seperti yang kita bayangkan, khususnya bagi keluarga narapidana. Dengan adanya pemberitaan yang detail dan mendalam, ternyata lapas tidak semenyeramkan itu. Saya melihat sendiri, ternyata sangat cair dan komunikatif ketika berada di dalamnya,” jelasnya.

Dengan adanya Radar Metro grup di dalam lapas ini, diharapkan bisa mengedukasi masyarakat bahwa sisi kemanusiaan sangat dijaga dan dimiliki oleh para napi dan petugas di dalamnya. “Stigma buruk tentang kondisi lapas bisa kita kikis dengan pemberitaan yang mendalam. Apalagi Radar Metro memang memiliki halaman khusus Hukum dan Kriminal yang memang salah satu di dalamnya lapas menjadi leading sector pemberitaannya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kalapas Ismono juga sempat menunjukkan CCTV dan letak-letaknya ruang tahanan. Menurutnya, pengunjung harus nyaman dan napi harus aman. (Red)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com