Polisi Sahabat Anak

mETRO – Guna mengenalkan rambu-rambu lalulintas sejak usia dini. Siswa –Siswi Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi Kota Metro dikenalkan polisi sahabat anak. Kegiatan tersebut diisi pemateri dari anggota Satlantas Polres Metro, Rabu (18/10).

Anggota Satlantas Polres Metro, Iptu Irawan Efendi mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk tugas Polri dalam ikut serta memberikan pemahaman kepada anak-anak usia dini, tentang bagaimana tata cara tertib berlalulintas dengan baik.

“Materi yang diberikan kepada siswa meliputi, pemakaian helm saat berkendara, tentang fungsi zebra cross, serta pengenalan mengenai rambu-rambu lalu lintas khususnya lampu merah (Traffic light),”ungkapnya, disela-sela kegiatan.

Sementara itu, Kepala TK Pertiwi Kota Metro Astuti Ningsih, S.Pd, M.Pd menyampaikan kegiatan tersebut dapat terlaksana berkat bantuan dan kerja sama dari Polres Metro. Sejumlah kegiatan yang dilakukan seperti simulasi taat aturan rambu-rambu lalu lintas, yang dipraktikan langsung oleh semua siswa TK Pertiwi menggunakan sepeda mini di halaman sekolah.

“Setelah usai simuliasi, para siswa bermain game tebak kata. Diamana game yang dilombakan menyediakan berabagai hadiah, seperti alat tulis dan peralatan sokolah lainnya bagi pemenang lomba. Kegiatan ini sebagai wadah mengenalankan peserta didik kepada vigur-vigur penting yang ada disekitar mereka, contohnya seperti polisi. Siapa tahu dengan adanya acara ini anak – anak kemudian bercita-cita menjadi polisi,” tuturnya.

Selain untuk mengenalkan vigur penting, tambah Astuti tujuan lain terselenggaranya acara tersebut untuk membentuk karakter berani dalam diri anak. Serta menjadikan sifat disiplin yang terbentuk sedini mungkin.

“Penyuluhan polisi sahabat anak ini juga merupakan bentuk dukungan dan implementasi dari program sekolah ramah anak.  Program ramah anak sendiri bertujuan untuk membentuk timbulnya rasa aman, nyaman serta menyenangkan dalam diri anak-anak saat berada dilingkungan sekolah,”ujarnya. (*)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com