Pokdar Kamtibmas RBC Kabupaten Mesuji Siap Dikukuhkan

 

MESUJI — Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Ragab Begawe Caram Kabupaten Mesuji akan segera dilantik dan dikukuhkan pada hari senin tanggal 24 februari tahun 2020 pekan depan. Hal itu sesuai hasil keputusan bersama rapat bersama calon pengurus Pokdar Kamtibmas yang digelar di Aula Tribata Endra Dharmalaksana, Mapolres Mesuji pada Rabu(19/02).

Rapat pembahasan dipimpin Kapolres Mesuji AKBP Alim. SH. S.I.K., yang diwakili oleh Wakapolres Mesuji Kompol M.Jhonny Adi Kurnia.MH., Ketua Pokdar Kamtibmas Mesuji Sunardi Nyerupa.SE., serta dihadiri oleh seluruh anggota Pokdar yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat Mesuji.

Wakapolres menjelaskan, bahwa Pokdar Kamtibmas merupakan Mitra Polri yang akan bekerja secara sukarela untuk membantu tugas kepolisian khususnya dalam menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat.

Untuk itu, Pokdar Kamtibmas mempunyai visi, ‘Menjadi Sahabat Dan Menjalin Kemitraan Masyarakat Dengan Polri khususnya dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas’.

“Tentunya setelah memenuhi syarat yang tercantum dalam Aturan Dasar Aturan Rumah Tangga (ADART), maka segera laksanakan pelantikan. Saya juga mengharapkan, nanti pada saat pelantikan harus berseragam lengkap dan silahkan diatur untuk pengukuhan Pokdar sebaik mungkin,”Kata Kompol Joni yang mewakili Kapolres Mesuji yang tengah menghadiri acara lain.

Sedangkan menurut Ketua Pokdar Kamtibmas Mesuji Sunardi menjelaskan bahwa, untuk acara pelantikan sudah siap dilaksanakan tinggal menunggu kesiapan Kapolres dan Bupati Mesuji.

“Kita sudah siap untuk melaksanakan acara pengukuhan atau pelantikan dan sesuai hasil rapat bersama, kita sudah sepakat pelantikan Pokdar akan dilaksanakan hari Senin tanggal 24 Februari, di Balai Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang,”terangnya.

Dia menambahakan, bahwa terbentuknya Pokdar Kamtibmas ini taklain untuk membantu polri sesuai bunyi Undang-Undang Dasar 1945 pasal 30 ayat 1 Tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara mengenai Pertahanan dan Keamanan Negara.

Bahwa berdasarkan ketetapan MPR RI Nomor II tahun 1999 tentang GBHN bidang Hankam antara lain mengamanatkan agar kesadaran masyarakat terhadap Kamtibmas harus ditingkatkan.

“Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Surat Keputusan Kapolri Nomor Polisi : SKEP/831/XI/2005, tanggal 25 November 2005, tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas,” tambahnya.

Seusai rapat pembahasan terkait rencana pengukuhan Pokdar Kamtibmas, Kapolres Mesuji AKBP Alim yang sudah hadir ditengah para calon pengurus Pokdar Kamtibmas berpesan, agar Pokdar Kamtibmas RBC Mesuji segera membuat atau memiliki Kantor.

“Keberadaan Pokdar akan sangat membantu tugas kami pihak kepolisian khususnya Polres Mesuji, dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. Untuk itu, saya minta Pokdar Mesuji harus segera memiliki kantor. Sementara jika belum ada kantor, silahkan tempati bangunan bekas kantor Satlantas kita yang ada di Desa Wirabangun,” imbuhnya.

Di ketahui kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali. Hal ini mengingat jumlah anggota Polri yang ada, belum sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia saat ini. Itulah yh yang menjadi alasan utama Kapolri membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait Kamtibmas untuk membantu tugas Kepolisian Negara Indonesia.

Pokdar kamtibmas adalah singkatan dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Sebuah Organisasi Masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat.

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com