PMD Mesuji Jemput Bola, Percepat Realisasi DD dan ADD 2019

MESUJI – Pemerintah Kabupaten Mesuji Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) setempat Melakukan pembinaan berkaitan dengan Evaluasi Kegiatan Desa Tahun 2018 dan persiapan pelaksanaan kegiatan 2019 di balai Desa Gedung Ram Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (14/04).

Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk menertibkan Adminitrasi Desa dan khususnya terkait pengelolaan keuangan desa. Pada kesempatan itu, DPMD Mesuji juga menghimbau kepada desa – desa untuk mensukseskan program – program Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mesuji H.Saply Th.

Kepala Dinas PMD Mesuji Sunardi.SE., menjelaskan, tujuan dilakukannya kegiatan pembinaan secara langsung ke desa-desa adalah untuk mengetahui dan mencarikan solusi terkait apa permasalahan yang terjadi di desa sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam pengajuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) permasalahan desa menjelang keterlambatan pengajuan DD dan ADD tahun 2019.

“Kita ingin mengetahui apa permasalahan yang terjadi di desa, sehingga membuat mereka terlambat memasukan pengajuan DD dan ADD tahun ini kepada kita. Untuk itu, dilakukan pembinaan dan evaluasi terkait pengelolaan keuangan dan pembangunan desa,”Kata Sunardi.

Sunardi juga meminta kepada seluruh Kades, perangkat desa, BPD, Lembaga kemasyarakatan Desa dan seluruh lapisan masyarakat untuk wajib mendukung setiap program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mesuji dibawah Komando Plt Bupati Saply.TH. Sebab, tanpa dukungan masyarakat, pembangunan pun tidak bisa berjalan dengan baik.

“Kita wajib hukumnya untuk mendukung setiap program pembangunan yang dilakukan Pemkab Mesuji dibawah kepemimpinan Pak Bupati Saply dan Pak Sekda Indra Kusuma Wijaya,”Tegas Sunardi.

Sekretaris Dinas PMD Ferry Antoni.S.IP., menambahkan, pihaknya berharap tidak ada lagi desa di tahun berjalan ini, yang masih ada yang menunggak pajak ataupun SPJ desa yang belum selesai. “Sebab, ini sudah menjadi tanggung jawab PMD untuk mengingatkan dan memberi teguran kepada desa agar cepat tanggap dalam menyelesaikan dokumen tersebut,”imbuhnya.

Dia juga menghimbau kepada jajaran pemerintah desa untuk menjalankan perannya sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing, terutama dalam hal mengelola keuangan desa. “Kepala desa adalah Pemegang Kekuasaan pengelolaan keuangan desa dan juga memang selalu disibukkan dengan berbagai urusan. Akan tetapi, Kades juga tidak bisa melupakan tugas pokok dan fungsinya, terutama dalam hal pengelolaan keuangan desa,”tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa Marhakim S.P., menghimbau kepada seluruh desa agar sesegera mungkin mengajukan permohonan transfer Dana Desa dan Alokasi Dana Desa. Sebab, dana DD dan ADD sudah parkir di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sejak awal bulan April lalu.

“Kami berharap semua desa di Mesuji ini yang sudah melakukan evaluasi APBDes nya, untuk segera menetapkan dan mengajukan permohonan transfer Dana ke Rekening Desa. Sebab, Dana DD dan ADD sudah nongkrong di Kas Daerah sejak awal April kemarin,”ujarnya.

Diketahui Dinas PMD Mesuji telah melakukan pembinaan sejak Kamis (11/04) dan sudah ada 45 desa di 3 kecamatan yang mengikuti pembinaan dan evaluasi demi percepatan realisasi DD dan ADD tahun 2019. Kegiatan itu akan terus dilakukan sampai seluruh desa yang ada di Mesuji tersentuh pembinaan.(Agil)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com