Peserta Diklat Pim 3 Miliki Inovasi E-Mantra

Guna melengkapi Seminar implementasi diklat pim 3 salah satu peserta bernama M.Cheri Sopian.,SH.,MH memiliki inovasi atau gagasan bernama E- Mantra ( maju sejahtera ) tujuan yang diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut yakni, Akses control dan evaluasi usulan perencanaan lintas sektor lintas program bidang sosial budaya bappeda, selain itu bertujuan agar Pengintegrasian perencanaan program agar selaras dengan RPJMD dan terjabarkan dalam indikator kinerja kunci.

M.Cheri Sopian menuturkan, Dengan adanya aplikasi ini diharapkan menekan usulan perencanaan program berbasis belanja ( shoping list) menjadi berbasis kebutuhan atau tepat penggunaan. Manfaat yang diharapkan dengan adanya aplikasi ini bagi masyarakat adalah, Menekan angka kemiskinan di kabupaten tulang bawang barat, lalu meningkatkan keberfungsian sosial, serta meningkatkan daya tahan PMKS Psikososial dan psiko ekonomi.

“Bagi OPD yakniMengefektifkan program mantra tubaba yang merupakan skenario program bantuan jaminan  sosial dalam rangka peningkatan kesejahteraan sosial,” terang M.Cheri Sopian.

Menurut Cheri, Dasar hukum yang melatar belakangi timbulnya inovasi Permendagri no 86 tahun 2017 dan UU no 9 tahun 2011. Tahapan persiapan saat ini Menyusun modul konten aplikasi E-mantra, mendesain matrix persandingan yang nantinya akan menjadi indikator kinerja kunci proses usulan perencanaan OPD terkait, dan melakukan pelatihan operator dengan memanfaatkan SDM staf yg nantinya akan menginput ,verifikasi dan evaluasi data.

“Akan diujicobakan  layanan jika konten aplikasi telah terbentuk,” tutur Kabid Bappeda Tubaba yang tampan lagi bertubuh kekar itu.

(FEN)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com