Percepatan Pembangunan Kelurahan di Bumi Sai Wawai Segera Terwujud Tahun Depan

METRO – Keseriusan penerintah untuk melakukan percepatan pembangunan terus diwujudkan. Salah satunya dalam upaya percepatan pembangunan Kelurahan di Bumi Sai Wawai. Pasalnya, upaya tersebut bakal segera terwujud dengan adanya Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan khusus dari Pemerintah Pusat untuk kelurahan di daerah se-Indonesia tahun depan.

“Kelurahan di Kota Metro berkesempatan mendapatkan DAU dari pemerintah pusat tahun depan. Karena itu pemerintah Kota Metro juga telah mengganggarkan 5 persen sebagai syarat pemerintah daerah untuk mendapatkan DAU tersebut,” terang Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda.

Diakuinya, dengan diperolehnya DAU tersebut pemerintah daerah harus menyiapkan 5 persen pada APBD untuk pendampingan bantuan pemerintah pusat. “Dan Kota Metro sudah melakukannya,” jelasnya dikonfirmasi melalui WhatsApp, Kamis (5/12/2018).

Ia mengatakan, DAU tambahan untuk kelurahan ini pun tengah dibahas pada kegiatan Asosiasi Dewan Seluruh Indonesia (ADEKSI) akhir 2019. Ini seperti disampaikan oleh Direktur Kemendagri dan Kemenkeu.

“Rakor pada ADEKSI kali ini fokus pada menyamakan visi DAU tambahan untuk kelurahan dan proses APBD nya. Diterangkan pada rakor ini bahwa DAU hanya boleh digunakan untuk dua hal, yaitu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” tambahnya yang tengah mengikuti ADEKSI di Jakarta.

Karenanya Anna berharap, dengan DAU tersebut kelurahan bisa merencanakan sendiri prioritas pembangunan dan segera di follow up. Sehingga tidak menunggu terlalu lama seperti proyek yang dilaksanakan Dinas PU. “Kita sudah menganggarkan untuk kelurahan di Gerbang Sai Wawai. Jika aturan teknis sudah selesai, maka setelah evaluasi gubernur anggaran itu bisa di realokasikan sebagian dana pendamping,” tukasnya. (adv)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com