Penyusunan AKD Tunggu Penetapan Ketua Definitif

METRO – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) masih menunggu penetapan Ketua DPRD Definitif. Pasalnya, pasca penetapan ketua definitif DPRD akan kembali menyusun Alat Kelengkapan DPRD (AKD).

“Untuk sementara kita masih menunggu penetapan ketua definit dari partai pemenang. Setelah penetapan ketua definitif ini, kita akan menyusun tata tertib (Tatib) dewan,” terang Sekretaris DPRD Kota Metro Budiono, Selasa (20/8/2019).

Ia menjelaskan, pasca penyusunan tatib dewan akan kembali menyusun AKD. Ini seperti dimulai dengan pembentukan fraksi, badan anggota perda, anggota komisi, badan kehormatan (BK), badan anggaran dan badan musyawarah.

“Sesuai aturan untuk penetapan DPRD diberikan waktu selama satu bulan untuk pembentukan AKD. Nah untuk pembentukan AKD di masing-masing tugas nantinya harus seimbang dengan jumlah kursi yang terpilih. Karena itu kita masih menunggu penetapan ketua definitif,” ungkapnya.

Selanjutnya, pasca penetapan AKD tersebut nantinya anggota DPRD (aleg) mulai menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda). Ini terutama penyusunan Raperda APBD tahun 2020.

Diketahui, sebanyak 24 anggota DPRD Kota Metro telah dilantik. Dalam pelantikan tersebut Subhan dari partai pemenang yakni Partai Golkar ditetapkan menjadi Ketua DPRD Sementara menggantikan Anna Morinda dari PDIP. Kemudian Anna ditetapkan menjadi Wakil Ketua Sementara. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com