METRO – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) semakin serius dalam mewujudkan program keluarga berencana (KB). Ini seperti dibentuknya kampung KB di enam kelurahan se-Kota Metro.
Keenam kelurahan tersebut diantaranya Kelurahan Rejomulyo (Metro Selatan), Kelurahan Ganjar Asri (Metro Barat) , Kelurahan Yosodadi (Metro Timur), Kelurahan Banjarsari (Metro Utara), Kelurahan Hadimulyo Barat dan Kelurahan Hadimulyo Timur (Metro Pusat). 
Demikian dikatakan Kepala DP3APPKB Juni Kuswanti. Ia mengatakan, dipilihanya 6 kelurahan tersebut menjadi kampung KB karena tingkat partisipasi masyarakat diwilayah itu untuk ber-KB masih kurang. Selain itu, 6 kelurahan tersebut merupakan wilayah yang padat penduduk. 
“Kampung KB kita ada 6 kelurahan yang tersebar di 5 kecamatan. Kampung KB ini  dibentuk untuk mengurangi tingkat laju pertumbuhan penduduk. Karena itu dipilih 6 kelurahan ini karena memang di kelurahan tersebut padat penduduk,” katanya.
Selain itu, jelas dia, pemilihan kampung KB ini juga didasari dari kurangnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat dan juga tingkat penghasilan masyarakat yang masih rendah. “Program ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Makanya dipilih kelurahan tersebut karena memang di 6 kelurahan itu selain tingkat partisipasi masyarakat untuk ber-KB kurang, terus tingkat penghasilannya juga cukup rendah,” paparnya. 
Ia menambahkan, nantinya warga di 6 kelurahan tersebut akan diberikan pembinaan seperti pelatihan pemberdayaan perempuan, pembinaan untuk perlindungan anak dan juga sosialisasi agar warga ber-KB. 
“Karena bukan hanya tugas DP3APPKB tetapi tugas kita bersama, jadi ada beberapa dinas yang terlibat. Seperti Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Nanti juga kampanye 2 anak cukup. Saya harapkan peran dinas instansi lain lebih maksimal ke kampung KB pada tahun 2018,” tukasnya. (*) 
News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com