Pairin : Jadikan Budaya Membaca sebagai Kebiasaan

METRO – Walikota Metro Achmad Pairin mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri dalam membaca. Tidak hanya pada peringatan Hari Kunjung Perpustakaan, namun masyarakat diajak untuk menjadikan membaca sebagai budaya.

”Membaca jangan hanya dilakukan pada hari ini (Hari Kunjung Perpusatakaan), tapi jadikan membaca sebagai kebiasaan,” ajaknya usai membuka kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan yang digelar di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro, Rabu (27/9).

Menurutnya, dengan membiasakan diri membaca maka masyarakat juga turut berpartisipasi dalam mewujudkan visi Metro sebagai Kota Pendidikan, wisata keluarga yang berbasis ekonomi kerakyatan yang berlandaskan partisipasi masyarakat. Terlebih dengan membaca masyarakat akan banyak menambah ilmu pengetahuannya.

”Untuk mewujudkan visi Metro ini kan tentunya membutuhkan orang yang pintar. Nah orang yang pintar inilah diperoleh dari membaca. Maka mulai saat ini mari budayakan membaca sebagai kebiasaan,” ajaknya.

Pairin mengatakan, untuk mewujudkan program terseut pemkot akan memprogramkan budaya membaca di lingkungan pemerintah kota. Misalnya, menyisihkan waktu beberapa menit untuk membaca. ”Membaca itu bisa apa saja. Karena bermacam-macam ilmu yang dapat kita miliki dengan membaca,” tuturnya.

Karenanya, tambah Pairin, kedepan pemkot akan menambah keanekaragaman buku yang tersedia di Dispusarda. Namun ia juga menyambut baik pihak swasta yang mau dan turut berpartipasi menyumbangkan bukunya ke perpustakaan. ”Seperti Gramedia yang memberikan sebanyak 432 buku, yang tentunya juga beraneka ragam. Namun saya juga meminta dinas untuk menginventarisir kembali buku-buku apa saja yang belum tersedia. Sehingga kedepan bisa ditambah,” tutupnya.

Sementara itu, pantauan di Radar Metro peringatan Hari Kunjung Perpustakaan tampak ramai dipadati oleh masyarakat. Baik dari kalangan umum, pemuda maupun pelajar juga tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Berbagai komunitas juga turut serta meramaikan kegiatan tersebut. (*)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com