Miris, Di Metro Masih Ada RKB Bocor

METRO – Miris, kata itulah yang pantas menggambarkan suasana bangunan fisik Sekolah Dasar (SD) Negeri 8 Metro Pusat. Pasalnya tiap hujan atap plafon ruang kegiatan belajar mengajar (RKB) yang ditempati puluhan siswa tersebut bocor hingga menggangu proses belajar.

Kini puluhan siswa berseragam pendek merah itu, tak menghiraukan dengan kondisi tersebut. Mereka nampak serius belelajar meskipun atap yang mulai rapuh sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan mereka.  

Dikonfirmasi awak media, Kepala SDN 8 Metro Pusat Indrawati, S.Pd membenarkan hal tersebut. Ia mengaku plafon sudah jebol lalu sudah bocor juga saat hujan. “Kita ingin memperbaiki tapi membutuhkan biaya banyak dan tidak tercover dari dana BOS,”ungkapnya, belum lama ini.

Tiga ruang kelas sisi utara dari keseluruhan bangunan kelas disana nampak sudah rapuh terlihat dari dinding yang bolong, pintu yang rusak, plafon yang bocor. Ruang kelas tersebut pun masih tetap digunakan oleh pihak sekolah untuk proses belajar mengajar.

“Ada tiga ruangan yang sudah rusak parah. Dua diantaranya sudah tidak digunakan dibuat gudang. Namun sebelah tengah masih ditempati oleh siswa kelas 4. Oleh karna itu, kita terpaksa masih menggunakan ruang kelas lantaran tidak ada lagi ruangan yang dapat menampung siswa,”keluhnya.

Indrawati berharap sesegara mungkin sekolahnya mendapatkan peremajaan gedung yang baru. Kerusakan tersebut sejak tahun 2010 silam mulai bocor informasinya, sebelum menjabat disekolah ini.

 “Pengajuan permohonan perbaikan sudah dilakukan sertiap tahunnya. Mungkin bertahap terealisasinya, namun bisa dibilang belum mendapatkan perbaikan keseluruhan.  Saya sudah dipanggil guna memproses rehab gedung namun hingga tahun ini belum ada tindak lanjut kembali,” ujarnya.

Ia khawatir jika cuaca buruk dan suatu hal yang tidak diinginkan terjadi saat siswanya lagi belajar. (*)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com