Masyarakat Desa Sungai Cambai Minta Dibangunkan Jembatan Penghubung

MESUJI — Jembatan merupakan salah satu akses penghubung yang sangat dibutuhkan masyarakat, terutama bagi warga yang tinggal tak jauh dari wilayah sungai guna memudahkan aktifitasnya sehari-hari. Di Kabupaten Mesuji sebagian besar masyarakatnya memang tinggal disepanjang pinggiran Sungai Buaya, terutama yang bermukim di Desa-desa tua seperti di Sungai Cambai, Kecamatan Mesuji Timur salah satunya.

Masyarakat disana, sangat mendambakan adanya jembatan penghubung untuk mempermudah akses masyarakat jika ingin bepergian terutama anak-anak untuk berangkat sekolah. Sebab selama bertahun-tahun untuk beraktifitas sehari-hari, mereka hanya mengandalkan rakit dan perahu saja.

Seperti dikeluhkan Bujang (45) warga Desa Sungai Cambai, Kecamatan Mesuji Timur yang mengaku bahwa masyarakat di desa tua termasuk dirinya selama ini memang kurang diperhatikan oleh pemerintah kabupaten setempat.

“Selama bertahun-tahun kami disini mengharapkan agar bisa dibangun jembatan penghubung, untuk mempermudah aktiftas kami jika hendak bepergian keluar desa, terutama anak-anak kami yang sekolah baik SD, SMP, dan SMA, setiap hari berangkat ke sekolah harus menyebrangi sungai menggunakan rakit atau perahu dan harus mengurangi uang jajannya untuk biaya penyebrangan,”ujarnya.

Kepala Desa Sungai Cambai Ibadah berharap kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar bisa mewujudkan keinginan masyarakat di salah satu desa tua cikal bakal terbentuknya Kabupaten Mesuji itu untuk bisa dibangunkan jembatan penghubung.

“Saya sangat berharap pemerintah dapat memperhatikan desa Sungai Cambai, karna desa ini termasuk salah satu Desa Tua yang butuh perhatian, terutama dalam bidang Insfrastrukturnya seperti jembatan penyebrangan di desa kami ini pun belum ada. Padahal, kami disini sangat membutuhkan jembatan penyeberangan tersebut untuk akses masyarakat beraktifitas sehari-hari, terlebih di seberang sungai tepatnya di belakang Desa Sungai Cambai ini terdapat puluhan hektar lahan Cetak Sawah yang sampai saat ini belum bisa di garap karena minimnya akses untuk menuju lahan tersebut,”ungkapnya

Sementara di hubungi terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mesuji melalui Kepala Bidang Bina Marga Agnatius Syahrizal. ST., mengatakan bahwa pihaknya siap mengawal usulan masyarakat terkait pembangunan jembatan di Desa Sungai Cambai.

“Yang pasti kita sama-sama menggiring baik dari Dinas PUPR maupun dari DPRD Kabupaten Mesuji untuk percepatan kegiatan pembangunan jembatan penghubung desa tersebut. Dan juga saya minta kepada desa agar pada saat Musrenbang baik di tingkat Desa, Kecamatan, dan Kabupaten agar mengusulkan pembangunan jembatan tersebut. Sebab, kunci pembangunan ada di Musrenbang Desa kalau usulan sudah ditetapkan dan usulan Desa masuk ke Kabupaten mudah-mudahan keinginan masyarakat tersebut bisa terwujud,”ucapnya.(Andi)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com