Lurah Gagal Gelar Isbat Nikah Massal

METRO –  Sesuai jadwal puncak kemeriahan HUT Republik Indonesia ke-72 Tahun 2017, di Kelurahan Iringmulyo akan mengelar isbat nikah massal. Namun berbagai persoaalan terjadi hingga akhirnya dibatalkan, diganti dengan kegiatan jalan sehat, Minggu (3/9/2019).

Ketua panitia pelaksanaan, Suwito membenarkan hal tersebut. Ia mengaku kegiatan sempat tertunda, hasil musyawarah kesepakatan pamong RT, RW dilingkungan Iringmulyo awalnya sudah sepakat untuk mengadakan isbat nikah missal. Lantaran warga Iringmulyo masih banyak yang belum punya buku nikah secara resmi.

“Pada saat pembukaan pendaftaran awal Agustus, tercatat sudah ada 50 pasangan suami istri (Pasutri). Setelah berkoordinasi dengan pihak Kantor Urusan Agama (KUA) dan Pengadilan Agama, ternyata prosesnya cukup lama memakan waktu beberapa hari, karna panitia juga belum siap langsung dibatalkan begitu saja,” ungkapnya.

Sejumlah warga juga sempat kecewa dibatalkanya isbat nikah massal. Makanya kegiatan jalan sehat ini juga mendadak. “Peserta jalan sehat tidak semeriah tahun sebelumnya, kurang dari seribu peserta. Sedangkan panitia mencetak 2.000 kupon. Hadiah doorprize 1 unit kulkas, 1 unit mesin cuci dan 1 unit televise dan puluhan hadiah hiburan,”certusnya.

Sementara itu, Lurah Iringmulyo Selamet, S.Ip menyatakan bukan gagal, melainkan kurangnya kesiapan. Ada puluhan bahkan ratusan pasutri di Kelurahan Iringmulyo tak memiliki buku Nikah yang diakui Negara.

“Saya juga tutur prihatin sudah sekian tahun kok masih banyak yang belum punya. Banyak faktor terutama masalah perekonomian, dalam pengurusan administrasi keluarga mereka kesulitan karna tak miliki buku nikah. Malah gagal tidak jadi, dengan harapan tahun depan bisa terlaksana hajat isbat nikah massal warga Iringmyo, Metro Timur,”ujarnya. (*)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com