Lirik Wisatawan TNWK Transit ke Metro
METRO – Pengembangan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur dinilai penting dilakukan untuk menarik sejumlah wisatawan. Pasalnya, selain akan menguntungkan bagi pendapatan asli daerah (PAD) setempat, keberadaan TNWK juga akan berdampak positif bagi daerah disekitarnya khususnya Kota Metro. Terlebih kultur masyarakat dan kondisi keamanan di Bumi Sai Wawai bisa dijadikan daya tarik bagi para wisatawan.
“Selain daerahnya yang aman, biaya hidup di Metro juga murah. Sehingga Metro sangat cocok untuk menjadi transit bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke TNWK,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Jumat (28/7).
Bangkit mencontohkan seperti yang dilakukan di Yogyakarta. Candi Borobudur merupakan aset milik Magelang, tetapi wisatawan transit terlebih dahulu di Yogyakarta. “Para wisatawan ini kalau ditanya Borobudur punya siapa mereka jawabnya milik Yogyakarta tetapi dititipkan di Magelang. Kalau bisa seperti itu, kita tawarkan aman dan biaya hidup murahnya,” ujarnya.
Namun, sambungnya, wacana tersebut belum akan terealisasi dalam waktu dekat. Pasalnya, pemkot masih menunggu kondisi TNWK diperbaiki terlebih dahuku khususnya fasilitasnya sehingga pengunjung makin ramai.
“Jadi masih kita tahan. Ini menjadi peluang dengan catatan TNWK harus diperbaiki terlebih dahulu. Kalau kondisinya sudah bagus baru kita mengharap,” terangnya.
Kedepan, tambahnya, jika wacana tersebut terealisasi, pemkot juga akan berkerjasama dengan beberapa hotel dan perusahaan travel and tour di Kota Metro. Ini, untuk mengarahkan para wisatawan agar transit di Kota Metro dan menginap di tempat yang representatif.  “Mudah-mudahan. Dengan begini hotel, jajanan dan lainya di Kota Metro ini bisa berkembang,” tukasnya. (*)
News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com