Dua Siswa Metro Maju ke Nasional

METRO – Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Metro dalam oliampiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Lampung. Pasalnya 4 peserta perwakilan asal Kota Metro berhasil meraih medali emas pada 4 cabang olahraga (cabor).

Keempatnya yakni Marcellino siswa SMPN 1 yang berhasil meraih medali emas dalam cabor Karate Kata Perorangan Putra, dan Dhea Rayung Wulan siswa SDN 4 Metro Utara pada cabor Badminton Putri. Dengan diraihnya prestasi tersebut telah mengantarkan Marcellino dan Dhea kembali berlaga ke nasional di Medan dalam olimpiade yang sama.

Selain itu, medali emas juga diraih oleh Lilis siswi SMP Kartikatama Metro pada cabor Karate Kata Perorangan Putri, dan Casmeyla Gurkha SD Min 2 dalam cabor Karate. Sayang, Lilis dan Casmeyla tidak dapat maju ke nasional lantaran selisih angka dengan lawannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro Ria Andaria menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro selain meraih 4 emas, peserta O2SN asal Kota Metro juga meraih 3 medali perak dan 8 medali perunggu.

Diantaranya medali perak diraih oleh Balqis Qurrotaayun siswa SMPN 1 Kota Metro pada cabor renang gaya bebas putri. Selain meraih medali perak Bilqis juga berhasil mendapatkan 3 medali perunggu dalam cabor renang gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya dada putri. Lalu, Ahmad Farid Nurrochim siswa SDN 8 Metro Timur meraih medali perak dalam cabor renang gaya punggung putra, dan Erindya Swimalaura siswa SD Cahaya Bangsa cabor renang gaya punggung putri.

Selanjutnya, medali perunggu juga diraih oleh Rafi Arya Fadila siswa SMP Muh Ahmad Dahlan pada cabor renang gaya bebas putra. Kemudian 4 medali perunggu lainnya diraih oleh M. Yuniko Alfarigi siswa SD Pertiwi Teladan dalam cabor Karate Putra, Ahmad Farid Nurrochim siswa SD N 8 Metro Timur dalam cabor renang gaya gaya kupu2 putra, dan Erindya Swimalaura siswa SD Cahaya Bangsa dalam cabor renang gaya bebas putri.

Terakhir Casmeyla Gurkha SD Min 2 selain mendapatkan medali emas ia juga mendapatkan medali perunggu dalam cabor karate kumite putri. ”Ini sebuah kebanggaan bagi Kota Metro karena peserta yang kita kirim untuk mengikuti kejuaraan O2SN berhasil meraih juara. Bahkan ada dua siswa yang berhasil maju mewakili Provinsi Lampung ke nasional,” ujarnya, Senin (24/7).

Menurutnya, penyeleksian para peserta O2SN tersebut dilakukan melalui tahapan, mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kota hingga provinsi. Sehingga peserta yang dapat maju tersebut benar-benar merupakan peserta yang terbaik yang diseleksi sesuai dengan prosedur yang ada.

Meski begitu ia berharap dengan diraihnya prestasi tersebut dapat memberikan motivasi bagi pelajar di Kota Metro untuk terus berprestasi. Karena tahun depan ia menargetkan Kota Metro menjadi juara umum dalam O2SN. Oleh sebab itu, kepada peserta O2SN yang maju nantinya ke nasional ia berpesan untuk dapat mengikuti perlombaan dengan baik agar bisa kembali meraih juara. ”Sehingga bisa mengharumkan nama Kota Metro bahkan Provinsi Lampung ke tingkat nasional nanti,” tutupnya.

Sementara itu, Official Dinas sekaligus Kasi Pembinaan Kurikulum Bidang Pembinaan Dikdas Fezal Aferizal mengatakan, keberhasilan para siswa tersebut dapat diraih dengan kerja keras, harmonis dan tekad yang kuat. Ini menjadi kunci sukses bagi para siswa.

”Hanya Kota Metro yang memberikan reward lebih. Bahkan pelatih dari Metro yang tidak dapat ikut mendampingi, diberangkatkan oleh dinas. Ini karena provinsi yang memberangkatkan official dari rovinsi. Meski begiti Kota Metro yang siap untuk memberangkatkannya,” ungkapnya.

Meski sejumlah medali tersebut berhasil diraih para peserta asal Kota Metro, namun para peserta untuk tidak berpuas diri. Karena masih ada sejumlah cabor yang mendapatkan prestasi. ”Seperti untuk atletik dan pencak silat perlu evaluasi lagi dari guru, pelatih maupun sekolah. Karena 1 medali pun tidak dapat diraih untuk SD atau SMP dikedua cabang olahraga ini. Karenanya diharapkan ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus giat berlatih,” pungkasnya. (*)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com