DKP3 Bantah Soal Pemeriksaan Hewan Kurban

MMETRO- Beredar isu memasuki H- 7 Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan , Pertanian dan Perternakan (DKP3) Kota Metro belum action melakukan pemeriksaan hewan kurban di Bumi Sai Wawai.

Menangapi hal tersebut, Kadis Ketahanan Pangan , Pertanian dan Perternakan, Lusia Parijem, SP melalui Kepala Bidang Peternakan drh. Parjiya membantah isu tersebut. Ia mengaku memang tim belum melakukan pemeriksaan hingga saat ini. Bidang peternakan baru senin besok melakukan pertemuan dengan tim kesehatan yang rencannya akan dibentuk tim pemeriksaan hewan kurban. Memang tahun ini sedikit mempet dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tim pemeriksaan hewan kurban sendiri diprediksi 70 orang, dibagi  per- kelurahan 3 orang. Sedangkan panitia kurban di masing-masing Masjid akan kita berikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait bila ada temua penyakit cacing hati pada kewan kurban saat usai disembelih,”ungkapnya, Jumat (25/8).

Saat disinggung mengenai anggaran pemeriksaan hewan kurban. Parjiya menyebutkan nilainya sangat kecil Rp 50 juta. Ini hanya cukup untuk pemberian uang transport tim pemeriksan dan kegiatan bimtek panitia kurban. Pemerimkasaan hewan kurban sendiri dijadwalkan akan memeriksa di Pasar Kambing Tejoagung, dan sejumlah pengepul hewan kurban dibeberapa titik di Kota Metro.

“Hingga H-7 ini. Saya belum mendapat data berapa jumlah hewan kurban yang akan di potong. Ada peningkatan atau malah lebih menurun, untuk perbandingan 2016 lalu hewan kurban sapi 1.000 ekor, dan kambing 1.500 ekor,”ujarnya. (*)

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com