Dinilai Gagal, Kontrak PT Pandu Jaya Buana Segera Diputus

GUNUNGSUGIH – Pemerintah Kabupaten Lamteng tidak akan melanjutkan kerjasama dengan  PT Pandu Jaya Buana terkait pengembangan lantai dua Pasar Bandarjaya Plaza (BJP). Sebab, hingga awal Desember ini tidak ada progres pembangunan yang terlihat.

Kepala Dinas Perdagangan Lamteng Hi. Syarief Kusen mengatakan, langkah untuk memutus kerjasama dengan PT Pandu Jaya Buana telah dipertimbangkan sebelumnya. Dari hasil di lapangan, Dinas Perdagangan melihat langsung kegiatan pembangunan telah berhenti.

“Yang jelas progresnya nol koma dan bahkan tidak ada. Kewenangan pengembangan Pasar Bandarjaya Plaza ada di tim TTKSD diketuai Pak Sekda. Tapi saya sudah lapor ke Pak Bupati, Wakil Bupati dan Sekda. Karena progres tidak ada, apapun bentuknya harus diputus,” jelas Syarief Kusen, Senin (11/12).

Dinas Perdagangan, menurut Syarief Kusen, sudah melayangkan surat teguran sebanyak tiga kali kepada pengembang PT Pandu Jaya Buana terkait tidak adanya progres pembangunan. “Untuk memutuskan kami akan rapatkan lagi. Karena nanti ada telaah juga dari Kabag Hukum,” imbuh mantan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Lamteng ini.

Lebih lanjut dikatakan Syarief Kusen, banyak kelemahan dari pengembang, baik dari sisi pembangunan maupun pengelolaan Pasar Bandarjaya Plaza. Salah satunya adalah menyangkut pungutan  retribusi yang memberatkan pedagang. Disamping itu, PT Pandu Jaya Buana memiliki tunggakan satu bulan yang harus dibayarkan kepada Pemkab Lamteng atas pengelolaan Pasar Bandarjaya Plaza.

“Ya, masih tersisa tunggakan satu bulan lagi yang belum dibayar sebesar Rp82 juta. Itu merupakan kewajiban PT Pandu Jaya Buana atas pengelolaan pasar,” terangnya.

Kedepan, sebut Syarief Kusen, ada wacana untuk mencari pengembang baru yang lebih kompeten. Tapi, pengembang yang dipilih akan diseleksi lebih dulu. Mengingat untuk melakukan pengembangan Pasar Bandarjaya Plaza sebagai ikon Lamteng harus dilakukan secara baik dan terstruktur. Pengembang harus memiliki permodalan yang baik dan sehat. (jar/rid)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com