Di Mesuji Ada Rastrada Daerah Untuk Keluarga Tidak Mampu

MESUJI – Guna mengentaskan kemiskinan di wilayahnya, Bupati Mesuji Khamami memberikan bantuan bahan pangan melalui Program Rastrada (Beras Sejahtera Daerah), yang bersumber dari APBD setempat. Beras tersebut akan menyasar kalangan masyarakat yang kurang mampu yakni sebanyak 6000 kepala keluarga se- Kabupaten Mesuji.

“Ya, bantuan ini sasarannya bagi keluarga kurang mampu yang belum tercover Rastrada pusat. Masing – masing kepala keluarga mendapatkan 10 kg perbulan,” ucap Khamami saat membagikan Rastrada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Mesuji, Rabu (26/12).

Khamami menjelaskan, bantuan Rastrada hanya ada di Mesuji. “Ini merupakan program dari pemerintah daerah (APBD), bukan program dari pusat (APBN), dan ini merupakan beras produk hasil petani mesuji sendiri,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala bagian Kesra, Slamet Sulaiman mengatakan, di tahun anggaran 2018 ada sebanyak 22.562 kepala keluarga (KK). Sementara itu yang dibantu oleh Rastra dari APBN sebanyak 9562 (KK). Artinya masih ada 13 ribu KK yang belum mendapatkan bantuan beras.

“Dari jumlah 13 ribu itu, Pemerintah Kabupaten Mesuji mampu mengurangi masyarakat yang berpendapatan cukup rendah dengan memberikan beras Rastrada sebanyak 6000 (KK) di tahun 2018. Dengan keterbatasan anggaran yang ada, masih ada sekitar 7000 (KK) yang belum mendapatkan bantuan beras untuk warga kurang mampu,” kata Slamet.

Masih dikatakannya, bagi mereka yang belum mendapatkan bantuan akan mendapatkan jatah beras pada tahun Anggaran 2019.

“Rencananya akan di tambah lagi sebanyak 500 (KK). Untuk yang belum mendapatkan bantuan, semoga dapat bersabar, melihat dengan keterbatasan anggaran yang ada,”tambahnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk tahun anggaran 2018 telah menganggarkan sebanyak Rp. 7 miliar lebih untuk program Rastrada bagi keluarga kurang mampu sebanyak 6000 KK, dan untuk 676 anak yatim juga tak luput dari perhatian pemerintah setempat, yang masing-masing anak diberi 5 kilogram perbulannya, ditambah uang saku Rp. 200 ribu peranak.(Nara)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com