Berhasil Menjalankan Program GP2SP, Pemkab Lamteng Menerima Penghargaan Dari Kemenkes RI

Lampung Tengah – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Dinas Kesehatan bersama dengan mitra perusahaan PT. Gula Putih Mataram (PT. GPM), 8 November 2019 menerima penghargaan Mitra Bhakti Husada dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, atas pelaksanaan Program Gerakan Pekerja Perempuan Sehat dan Produktif (GP2SP).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, didampingi Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga drg. Kartini Rustandi, M.Kes, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Jakarta, belum lama ini.

Penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah itu diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Edy Sunarko, S.K.M, M.K.M, mewakili Bupati Loekman Djoyosoemarto, dan didampingi perwakilan Manajemen PT. Gula Putih Mataram dr. Farida.

Penyerahan piagam penghargaan dan plakat plat emas tersebut, merupakan apresiasi pemerintah pusat atas upaya dan kerja keras Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, dalam pembangunan kesehatan, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pada kelompok pekerja wanita di sektor industri formal.

Di Indonesia terdapat sekitar 400 perusahaan yang dinilai, namun tahun ini hanya 12 perusahaan dari 12 kabupaten/kota yang dinyatakan layak menerima penghargaan tersebut.

Mewakili Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, Kadis Kesehatan Edy Sunarko menyatakan, PT. GPM merupakan perusahaan besar berskala nasional, dengan jumlah pekerja formal wanitanya mencapai 300 orang.

”Perusahaan ini memiliki komitmen serta dedikasi yang baik dalam memperhatikan aspek kesehatan wanita secara komprehensif. Hal ini tentu akan berpengaruh posistif terhadap terwujudnya generasi emas, generasi yang sehat, cerdas, dan berkarakter kebangsaan. Perusahaan ini juga menyediakan sarana dan prasarana serta kebijakan yang mendukung program GP2SP,” katanya kepada awak media, Kamis (14/11/2019).

Sambungnya, pemerintah kabupaten setempat berharap, upaya dari PT. GPM itu dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain yang beroperasi di Lampung Tengah.

“Ini demi terwujudnya misi Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah di bawah kepemimpinan Bapak Loekman yaitu dengan mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas, dan menciptakan generasi unggul di kabupaten kita tercinta,” ungkap Edy.

Penilaian GP2SP ini sendiri didasari 4 fokus utama, yaitu upaya penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), sampai dengan program pemberian ASI, kesehatan reproduksi, pemberian gizi pekerja, serta program pencegahan penyakit, baik yang menular maupun tidak, melalui penerapan PHBS dan Germas. (sbr)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com