30 Napi Lapas Kalianda Pindah ke Lapas Metro

 

METRO – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Metro menerima 30 Narapidana pindahan dari Lapas Kelas IIA Kalianda, Jumat (31/01) pagi.

Mengenai pemindahan narapidana tersebut, Ade Kusmanto yang merupakan Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) ini mengatakan bahwa pemindahan Narapidana merupakan salah satu kegiatan pembinaan.

“Narapidana dipindahkan dari satu lapas ke lapas lain. Pertimbangannya karena alasan pembinaan dan keamanan atau ada perkara lain yang mengharuskan napi dipindahkan. Untuk 30 Napi dari Lapas Kalianda ini dipindah karena alasan pembinaan,” kata Ade Kusmanto kepada awak media, Jumat (31/01).

Dalam proses pemindahan, faktor kesehatan napi harus diperhatikan dan bisa memastikan napi dalam keadaan sehat saat diterima.

“Jika diketahui Napi mengidap penyakit dan itu menular. Maka harus dipisahkan agar tidak terjadi penularan penyakit kepada napi lainnya” tambah Ade Kusmanto.

Selain itu, untuk mengassesment Napi menentukan tingkat resiko dan pembinaan. Napi pindahan ini akan ditempatkan di kamar Mapenaling atau biasa disebut masa pengenalan lingkungan.

“Tujuan Mapenaling ini, agar Napi pindahan mengetahui apa saja yang menjadi haknya, kewajiban dan larangan selama ada di Lapas Metro. Sehingga diharapkan Narapidana baru dapat segera menyesuaikan dengan pogram pembinaan Lapas Metro,” pungkasnya. (yok)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten mengandung hak cipta dari LampuIJO.com